Minggu, Januari 09, 2011

Amanah

“Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian untuk menunaikan amanah-amanah kepada pemiliknya....” (An-Nisa :58)
Amanah sangat luas cakupannya, tidak terbatas pada urusan material dan hal-hal yang bersifat fisik. Amanah  secara syar’i adalah menunaikan apa yang dititipkan atau dipercayakan
Di antara bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah dengan menjalankan dan menjaga amanah. Baik amanah yang berkaitan dengan kewajiban kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala seperti shalat, berwudhu, membayar zakat, berdakwah dan juga  yang berkaitan dengan kewajiban kepada sesama manusia.
Amanah menjadi bukti keindahan Islam. Setiap muslim mendapat amanah untuk menampilkan kebaikan dan kebenaran Islam dalam dirinya.
Khususnya dalam dakwah, betapa banyaknya gerakan dakwah yang penuh dengan semangat untuk mengajak ummat ke jalan Islam  dan kebenaran dan mengajak ummat untuk selalu membesarkan Allah dan meyakinkan diri bahwa segala sesuatunya itu tergantung kepada Allah ..namun tidak jarang dakwah itu sendiri kehilangan maknanya manakala kita tidak melaksanakan amanah dengan baik... padahal amanah itu sendiri juga bagian dari dakwah..

2 komentar:

  1. be the first who like this photo:
    #1. Ahmad.. fotonya mantab!

    kalau dlhat dari yang dgenggam adalah tongkat satpam.. jadi kesmpulannya yang menggenggam adalah...:
    ...:))

    BalasHapus