Jumat, Juni 17, 2011

jujur

1.       Ya Rasulullah, terangkan tentang Islam dan aku tidak perlu lagi bertanya-tanya kepada orang lain. Nabi Saw menjawab, "Katakan: 'Aku beriman kepada Allah lalu bersikaplah lurus (jujur)'." (HR. Muslim)

2.       Hendaklah kamu selalu benar. Sesungguhnya kebenaran membawa kepada kebajikan dan kebajikan membawa ke surga. Selama seorang benar dan selalu memilih kebenaran dia tercatat di sisi Allah seorang yang benar (jujur). Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong). (HR. Bukhari)

3.       Suatu khianat besar bila kamu berbicara kepada kawanmu dan dia mempercayai kamu sepenuhnya padahal dalam pembicaraan itu kamu berbohong kepadanya. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Masyarakat tidak siap untuk menerima kejujuran dengan sistem pendidikan saat ini, mencontek dilegalkan dalam tanda kutip untuk terhindar dari kegagalan. Kemampuan dan kepintaran yang ada terasa tidak ada gunanya karena diselimuti ketakutan akan gagal sehingga lebih mempercayai contekan. Dan disaat ada segelintir orang ingin berusaha untuk jujur, maka dia mendapat halangan yang sangat keras dari sebagian besar masyarakat.

Alifah adalah siswa SDN Gadel yang berusaha untuk jujur, tetapi hampir semua elemen masyarakat disana termasuk para pejabat sampai di mentri pendidikan dan bahkan Kak Seto memberikan pernyataan bahwa tidak terjadi contek massal di sekolah tersebut. Pernyataan tersebut berdasarkan pola jawaban ujian yang beragam sehingga disimpulkan demikian.

Tetapi Alifah mengatakan bahwa dia diperintahkan oleh gurunya untuk membuatkan jawaban dan dibagikan ke teman-temannya. Akibat kejujurannya, maka dia dan orang tuanya diusir oleh masyarakat.

Type masyarakat apa yang ada disana, mereka semua bisa dikatakan komunitas masyarakat yang tidak, dan mungkin akan lebih baik bagi Alifah untuk keluar dari kampung yang masyarakatnya dominan tidak jujur

2 komentar:

  1. Semoga dengan berhijrahnya Alifah ke tempat yang lebih baik, akan bisa menjaga sifat jujur yang telah ada di keluarganya.

    BalasHapus
  2. so, this honestly.. live a note..
    that honest person is "bule" = "asing" = "tourist" = ghuraba..
    idzan, we've to proud to be a ghuraba.. ^-^

    BalasHapus